-->
 

Antara Yang Unik dari Bus Kuningan - Jakarta

Liburan panjang begini biasanya dimanfaatin sama-muda mudi lokal buat ngunjungin sejumlah tempat wisata. Sebagian besar dari mereka biasanya memilih untuk menikmati pesona sunset di pantai. Sisanya biasanya memilih berjuang untuk mendaki gunung-gunung Indonesia. Kemanapun itu, pokoknya mesti jauh dari kantor dan rumah, biar bisa ngilangin stres.

Sebenernya mau liburan kemana aja si sah-sah aja. Tapi buat gue, destinasi wisata terbaik itu ya rumah sendiri. ‘There’s no better place than home’, begitulah prinsip gue. Mangkanya ya begitu liat liburan panjang begini, gue lebih milih untuk pulang ke kampung gue, Kuningan, Jawa Barat.


Eh iya, ngomong-ngomong soal pulang kampung, gue jadi pengen cerita nih soal pengalaman pulang kampung gue naek bis kemaren. Maklum deh, Bis Kuningan – Jakarta itu emang lain daripada yang lain. Bayangin aja, untuk bisa dapetin secercah bangku, gue ngebela-belain nginep di bisnya broh.

Gue dateng sekitar jam 10an malem, sementara bisnya sendiri berangkat jam 4.40. Ini serius loh.

Temen-temen gue lantas pada nanya, “Niat amat. Lu kenapa kaga pesen tiket aja si jar?”

Nah, justru itulah kenapa gue bilang bis-bis Kuningan itu unik. Kenapa? Karena kita ga bisa pesen tiket dari jauh-jauh hari broh. Satu-satunya cara untuk bisa mendapatkan bangku ya kita harus ngontak kondektur bis itu sendiri via telepon atau SMS. Tapi dengan catatan : waktu mesen bangku itu mesti hari biasa, bukan momen liburan panjang atau hari sabtu-minggu. Karena jelas, pesenan kalian pasti ditolak ama abang kondekturnya.

Begitu pula lah yang terjadi ama gue di hari rabu kemaren. Setelah usaha gue untuk memesan bangku menemui jalan buntu, akhirnya ya mau ga mau gue pun nginep di bisnya selagi bisnya masih kosong.

Well, yang gue sampein di atas tu bukan cuma satu-satunya keunikan bis-bis kuningan dibanding moda transportasi lain. Ada juga keunikan yang laen macem ini nih:

1. Pada Punya ‘Tempat Nongkrong’ Masing-masing.


Hal pertama yang unik dari bis Kuningan – Jakarta adalah destinasi akhirnya. Kalo sebagian besar bis biasanya balik ke pulnya masing-masing, maka bis Kuningan – Jakarta justru punya tempat nongkrong sendiri. Di tempat inilah sang sopir beristirahat selama beberapa saat sebelum akhirnya berangkat ngangkut penumpang ke Kuningan lagi.

Untuk tempat nongkrongnya pun berbeda-beda. Misalnya aja Bis Setianegara Lengkong di atas, doi punya tempat istirahat tersendiri di samping kali daerah Gg. Betet, Jakarta Barat. Bisnya sendiri biasanya sampe ke Betet sekitar jam 18.00, kemudian jalan lagi menuju Kuningan sekitar jam 20.00.

Selain Lengkong, ada juga bis Kuningan – Jakarta lain yang cukup terkenal yaitu Bis Kesepuhan. Bis ini pasti udah ga asing lagi ama yang sering ngelewatin Jl. Raya Bogor, karena tempat tongkrongan doi adalah sekitaran pasar cisalak. Ga berapa jauh dari perempatan lampu merah cisalak yang padet itu.

Siapa yang pernah liat, yok acungkan tangan!


2. Nandain bangku pake barang.


Kebanyakan Bis-bis Kuningan – Jakarta emang ga mengenal sistem ticketing. Yang ada ya siapa duluan nandain bangku, dialah yang dapet. Nah, ini dia nih yang musti dicatat sama kalian yang baru pertama kali naek bis Kuningan – Jakarta.

Kalo kalian punya cukup waktu buat datang ke lokasi bis lebih cepet, maka kalian bisa nandain bangku yang pengen ditempatin pake barang bawaan kalian. Bisa pake tas, atau mungkin pake kardus. Jangan sekali-kali nempatin kursi yang udah ada barangnya, karena itu artinya ntu bangku udah ada yang punya.

Oya jangan lupa juga, barang-barang berharga kayak hape dan dompet sebaiknya dikantongin aja. Takut ilang broh.


3. Kosong Terus 


Eits, jangan salah paham dulu. Maksud gue kosong disini adalah perspektif si kondektur dalam tiap perjalanan bis Kuningan – Jakarta itu ndiri. Mau itu bus penuh sepenuh apapun, keneknya pasti selalu bilang ‘kosong’ sama calon penumpang yang mau naek.

Mangkanya, banyak orang yang bilang kalo naek bis Kuningan – Jakarta itu udah ibarat sarden. Mau sepenuh apapun, tetep aja di desek-desekin. Kalo semua bangku udah terisi, maka si kondektur biasanya langsung nyiapin korsi atau selembar papan buat dipasang di tengah bis. Siap-siap aja dah punggung pegel.


Yang nyebelinnya lagi, dalam kondisi penuh dan sumpek kaya gitu biasanya pedagang tetep ada dan maksa buat lewat buat ngejajain dagangannya. Bayangin aja dah betapa ruwetnya.

Tapi ga semua bis Kuningan – Jakarta kaya begitu kok broh. Ada juga yang udah pake sistem satu bangku satu orang kaya bis Luragung Gunung Siang ini. Cuma ya konsekuensinya tiketnya lebih mahal. Selisihnya bisa Rp. 30.000,- dibandingkan bis AC yang laen.


4. Ditemani Tembang Kenangan.


Jangan harap kalian bakal dengerin lagu-lagu yang lagi ngehits macem Jess Glyne, Clean Bandit atau Taylor Swift kalo naek bis Kuningan – Jakarta. Paling banter juga lagu yang disetel ya album-album tembang kenangan.

Setelah sekian kali bolak-balik naek bis Kuningan – Jakata, kurang lebih ya begini playlist yang gue denger:

  • Doel Sumbang
  • Nia Daniaty
  • Rhoma Irama
  • Dangdut Koplo
  • Darso dan segenap tembang sunda lainnya

Mangkanya gue selalu prefer buat bawa headset tiap kali naek bis ini. Kalo ngga, ya siap-siap aja berasa anak generasi 90-an.


5. Bawa Mobilnya Ngalahin Rio Haryanto.


Sodara gue ada yang bilang, “Kalo mau naek bis Kuningan, siap-siap mental aja deh”.

Yap, ini bukan nakut-nakutin belaka, tapi emang bis-bis Kuningan – Jakarta itu terkenal dengan gaya mengemudinya yang tangkas dan ngacir bukan kepalang. Buat orang-orang yang baru pertama kali naek, mungkin dia bakalan bingung yang dia naekin itu Bis apa Roller Coaster. Ga percaya? Ni tonton dah.


Begitulah, kalo ada bis berlainan PO kayak Luragung dan Setianegara papasan di jalan, maka yang terjadi selanjutnya adalah adegan balap seru macem Rio Haryanto vs Sebastian Vettel. Salip kanan, salip kiri, ga kerasa dah speedometer udah nunjukin kecepatan 100km/jam. Ajib kan.

Oya, satu hal lagi yang gue kenang dari bis Kuningan – Jakarta adalah NEKAT. Sejumlah cara bakal dipake biar bisa cepet, walau terkadang rada berbahaya. Misalnya aja ketika kondisi jalanan Pantura macet, maka sang sopir ga segan-segan untuk ngambil arah berlawanan biar bisa nerobos kemacetan. Kalo udah gini, gue berasa di film Need For Speed.

Update : Sekarang udah rada jarang si. Soalnya pada lewat tol cipali. Masa iya mau lawan arus


6. Tarifnya Fluktiatif Kaya US Dollar.


Terakhir, tarif bis Kuningan – Jakarta itu berubah tergantung situasi dan momennya. Misalnya aja tarif standar di hari-hari biasa untuk bis non-AC adalah sekitar Rp. 60.000,- dan yang AC sekitar Rp. 80.000,-.

Nah, begitu momennya masuk libur panjang atau libur lebaran, harganya bisa jadi digetok jauh banget broh. Yang non-AC bisa sampe Rp. 100.000,- dan yang AC bisa sampe Rp. 150.000,-. Gile.. kebayang kan jauhnya.

Kalo ada yang bilang, “Kok masih ada yang naek aja sih?”, jawabannya Ya iya lah.. abisnya mau naek apa lagi. Mau naek kereta? siap-siap aja naek angkot dua kali lagi. Soalnya kereta kan cuma sampe Cirebon. Mau naek motor? Ya siapin aja deh badannya.. hehehe. Begitulah dealingnya

Nah, segitu doang si hasil pengamatan gue mengenai bis Kuningan – Jakarta.

Adakah dari kalian yang pernah pulang naek bis Kuningan?

gw tunggu share & komennya ya

Oleh: Fajarwalker
Sumber: Kaskus

Share this:

Related Posts
Newest Post